Posted on

PT. PMCT Menjadi Rekanan untuk Pengadaan Alat dan Bahan Batik, Program Seni & Budaya di SMAN 1 Srandakan

Program pembelajaran berbasis seni & budaya melalui pengadaan alat dan bahan Membatik disertai pelatihan edukasi “Batik dan Teknik Membatik” oleh Nova Suparmanto, S.Pd., M.Sc. (Founder & CEO Astoetik) dan Nurohmad, S.Sn (Trainer Batik Profesional) di SMAN 1 Srandakan, Bantul DIY (23/2/2018).

Seluruh alat dan bahan batik percontohan yang digunakan disediakan oleh PT. PMCT seperti kompor batik, canting, gawangan, panci pelorodan, sarung tangan, bak pewarnaan & pembilasan, kompor pelorodan, dan lainnya. Serta bahan batik seperti malam, pewarnaan, kain, dan lainnya. Penyerahan seluruh barang oleh Adi Prabowo (VP Marketing Astoetik) yang diterima oleh Bapak Rasyid Umardani, S.Pd selaku guru pengampu seni budaya di sekolah tersebut disaksikan oleh guru yang lain.

Setelah didiskusikan masalah teori batik dan teknik membatik pada minggu sebelumnya, kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan praktik membatik (2/3/2018) pada kain dengan ukuran 2.5m dengan teknik cap batik kertas dikombinasikan dengan canting tulis. Semoga kegiatan ini terus bisa dilestarikan untuk menjaga batik sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui dunia. Salam budaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *