Posted on

Peran Teknologi Tepat Guna dalam Pengembangan UMKM

Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan teknologi yang ditemukan atau diciptakan dengan tujuan untuk semakin meningkatkan atau membuat pekerjaan manusia semakin lancar. Hal ini kemudian bisa meningkatkan nilai ekonomi juga. Teknologi tersebut tidak hanya asal dibuat namun dibuat dengan tepat sesuai dengan kebutuhan manusia.

Edukasi Penerapan TTG dalam UMKM oleh PMCT

Direktur RnD PT.PMC Teknikindo pada hari Sabtu (28/03/2014) diundang sebagai pembicara tentang TTG pemanas ruang, dalam acara penyuluhan pengemasan dan promosi produk unggulan desa Bantulkarang, Bantul, Yogyakarta. PT. PMC Teknikindo sebagai perusahaan swasta nasional berbasis teknologi yang fokus sebagai industri kompor listrik nasional telah beberapa kali mengembangkan produk elemen pemanas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selain pemanas untuk malam (lilin) pada batik dengan sebuah produk kompor Astoetik, PT. PMC Teknikindo juga telah mengembangkan pemanas untuk telur kapasitas 6000 butir yang telah digunakan di daerah Berbah, Sleman bekerjasama dengan dinas setempat. Selain itu juga pemanas untuk ayam DOC dan pemanas yang digunakan untuk membakar briket arang.

Desa Bantulkarang sebagai sentra penghasil emping berharap bantuan dan kerjasama dengan  PT. PMC Teknikindo untuk pengadaan alat pemanas emping sehingga mempercepat dan mengurangi biaya produksi. Semoga penerapan TTG dapat membawa kemajuan masyarakat. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *