Posted on

Kompetisi dan Pelatihan Technopreneur FT UNY bersama PMCT

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarya bekerja sama dengan PMCT (Putra Multi Cipta Teknikindo) melaksanakan kegiatan bagi mahasiswa Fakultas Teknik untuk mengikuti Kompetisi dan Pelatihan Technopreneur Muda Fakultas Teknik Univesitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan Kompetisi dan Pelatihan Technopreneur muda ini dilaksanakan dengan adanya serangkaian agenda Dies Natalis Fakultas Teknik ke-54 yang jatuh pada tanggal 7 Februari 2015. Kompetisi dan Pelatihan Technopreneur Muda ini dilaksnakan di LPTK (Laboratorium Pendidikan Teknologi Kejuruan) FT UNY pada tanggal 1-7 Februari 2015.

Workshop Membatik di halaman kantor PMCT
Workshop Membatik Peserta Technopreneur FT UNY di halaman kantor PMCT

Bapak Dekan FT UNY Dr. Moch Bruri Triyono, M.Pd mengatakan, bahwa kegiatan Kompetisi dan Pelatihan Technopreneur Muda FT UNY ini membuat lulusan dan membuka wawasan yang cukup luas bagi wirausahawan, karena kegiatan yang dilaksanakan ini sangat berpotensi  untuk menjadikan kita sebagai wirausahawan-wirausahawan muda. Bukan saja saat kuliah, akan tetapi perlu dengan praktek-praktek, perlu dengan ide, perlu dengan motivasi yang bukan hanya ingin menjadi lulusan teknik, tidak saja menjadi pegawai, tetapi juga menjadi wirausahawan-wirausahawan muda.

Kompetisi dan Pelatihan Technopreneur Muda FT UNY ini diikuti oleh 35 tim pendaftar dan telah di seleksi menjadi 11 tim terbaik untuk mengikuti Kompetisi dan Pelatihan Technopreneur Muda. 11 tim terbaik yang akan mengikuti Kopetisi dan Pelatiahan Technopreneur Muda ini adalah 1.) Batiknesia, 2.)  Civet Coffe Machine, 3.) Onigiri Kimouchi, 4.) Scarecrow, 5.) Arame, 6.) Lampo, 7.) Ternolipi, 8.) Otomix, 9.) DOC, 10.) UKM SITE, dan 11.) Kombe.

Minggu, 1 Februari 2015 hari pertama kegiatan Kompetisi dan Pelatiihan Technopreneur Muda FT UNY dengan agenda Pembukaan dan Pengenalan Technopreneurship oleh ketua panitia sekaligus Founder IFI (Indonesia Future Inovatiaon) Rizky Hadi Oktia Venny, S.Pd. Selajutnya pada hari Senin, 2 Februari 2015 adalah hari kedua dari agenda kegiatan dan Kompetisi dan Pelatihan Technopreneur Muda  adalah Kisah Sukses Mahasiswa Mejadi technopreneur, pendifinisian masalah, pemahaman konteks & validasi, serta Siraman Rohani yang disampaikan oleh Nova Suparmanto, S.Pd (Dirut PT. Putra Multi Cipta Teknikindo), Andy Suryansyah (Falle Technology), dan Wuri Rohmadi, S.E. Hari ketiga Kegiatan Kompetisi dan Pelatihan Technopreneur Muda FT UNY pada hari Selasa, 3 Februari 2015 dengan materi yang disampaikan oleh Nugroho Jati, S.T, yaitu Wawasan Teknologi, kemudian dilajutkan dengan pemateri Prof. Dr. Sri Atun (LPPM UNY) yang menyampaikan materi Standarisasi Produk Inovasi & Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan penyampaian materi yang disampaikan oleh Andik Asmara yaitu Simulasi Pasar.

Technopreneur FT UNY 2015 #1
Peserta Technopreneur FT UNY 2015 bersama Jajaran Direksi PMCT

Agenda hari keempat pada hari Rabu, 4 Februari 2015 penyampaian materi dan game oleh TIM IFI (Indonesia Future Inovation) dan Study Banding ke PT. Putra Multi Cipta Teknikindo. Selanjutnya pada hari kelima pada hari Kamis, 5 Februari 2015 peyampaian materi Desain Produk oleh Adhita Sri P (Inovator X-Factory & CEO Koperasi Mina), kemudian penyampaian materi oleh Pudjianto Tirtomuljono (Busines Inovation Center/BIC Kemenristek), dan Presentasi 11 tim. Kemudian hari ke enam pada hari Jumat 6 Februari 2015 adalah presentasi dan penjurian. Memasuki hari terkahir yaitu pada hari Sabtu, 7 Februari 2015 yakni penutupan, pengumuman pemenang, dan penyerahan hadiah.

Dekan Fakultas Teknik Bapak Dr. Moch Bruri Triyono, M.Pd mengaharapkan, bahwa dengan adanya acara Kompetisi dan Pelatihan Technopreneur Muda FT UNY ini bisa menjadikan kita sebagai wirausahawan-wirausahawan muda. Jaya Fakultas Teknik UNY!. (Putra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *