OUR SERVICES

Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi BNSP Kewirausahaan

Sebelum menjalani uji kompetensi BNSP yang difasilitasi oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) melalui Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditentukan, peserta uji kompetensi biasanya mendapatkan pembekalan materi yang disebut bimbingan teknis atau bimtek. Tujuan bimtek adalah untuk memberikan pembekalan pengetahuan kepada peserta uji kompetensi terhadap unit-unit kompetensi yang akan diujikan. Sertifikat keikutsertaan bimtek dapat dilampirkan sebagai salah satu syarat uji kompetensi. Bimtek dilaksanakan oleh lembaga pelatihan atau Lembaga Diklat Profesi (LDP) yang terpisah fungsinya dari LSP.  Durasi pelaksanaannya pun beragam, mulai 1 hingga 3 hari, tergantung banyaknya unit kompetensi dan tingkat kedalaman materi yang diberikan.
 

Kewirausahaan & Konsultan Pendamping

Banyak kompetensi yang harus dikuasai oleh pendamping UMKM dalam menjalankan tugas-tugasnya agar program pendampingan dapat berjalan efektif dan mencapai tujuan yang diharapkan. Mengingat permasalahan yang dihadapi dan harus dibenahi dari masing-masing pelaku UMKM dampingan ini terbilang kompleks dan membutuhkan solusi yang spesifik.

Pendamping UMKM harus bisa membenahi kondisi usaha UMKM dampingan dalam hal perencanaan usaha, peningkatan produktivitas kerja, perbaikan kemasan, pencatatan transaksi keuangan, perluasan pemasaran dan kemitraan, dan sebagainya. Diperlukan pengetahuan dasar yang luas tentang identifikasi kebutuhan pendampingan, manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen finansial, strategi pemasaran daring dan berbagai pengetahuan lainnya.

Lihat Materi Bimtek Kewirausahaan Industri

Lihat Materi Bimtek Konsultan Pendamping UMKM

Digital Marketing

Keterampilan atau skill digital marketing saat ini dan di beberapa waktu mendatang menjadi profesi yang semakin menarik perhatian. Berbagai perusahaan dalam beragam skala, mulai skala UMKM hingga besar, membutuhkan tenaga terampil di bidang digital marketing untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang terkait dengan digital branding dan digital selling, seperti mengelola media sosial, membuat konten untuk website, dan mempromosikan berbagai kegiatan dan produk perusahaan. Hal ini menjadikan banyak sekali peluang kerja tersedia di bidang pemasaran digital ini.

Banyaknya kebutuhan tenaga terampil digital marketing ini belum diimbangi dengan ketersediaan tenaga kerja yang kompeten dan profesional. Padahal, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Tenaga Kerja telah menerbitkan standar kompetensi kerja yang harus dimiliki oleh tenaga terampil di bidang digital marketing.

Lihat Materi Bimtek Digital Marketing

 

FASILITAS

Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi BNSP

PT. PMCT selaku training provider berpartner dengan lembaga mitra PMCT yang berlisensi BNSP. 

Selesai mengikuti pelatihan/ bimtek, peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan. Jika lulus uji kompetensi, peserta akan mendapatkan sertifikat kompetensi BNSP

PMCT menyediakan trainer atau narasumber kompeten sesuai bidangnya yang telah berpengalaman

Pelatihan yang terintegrasi dan terstruktur untuk memberikan gambaran secara utuh mengenai tugas dan tanggung jawab sesuai skema. Materi pelatihan sesuai SKKNI.