Kolaborasi antara UNY dan PT Putra Multi Cipta Teknikindo yang membawahi Astoetik dalam Program Dana Padanan Kampus Vokasi (Matching Fund Vokasi) tahun 2021 mengusung judul Automatic Smart Pen Plotter (ASP2) Berbasis Internet of Things sebagai Wujud Pengembangan Inovasi P3B PT Putra Multi Cipta Teknikindo dalam Mendorong Produktivitas Batik Tulis Indonesia.

Pengembangan produk inovasi ini berangkat dari produk P3B yang sudah ada dan ditransformasikan menjadi Automatic Smart Pen Plotter (ASP2) berbasis IoT sejalan dengan disrupsi industri 4.0. ASP2 memiliki desain arsitektur berdimensi 200 cm x 100 cm. Sistem kendali otomatis berakurasi tinggi pada sistem ini didukung dengan teknologi kecerdasan buatan. Selain itu, ASP2 terintegrasi dengan cloud computing server sebagai pengelolaan sistem dalam visualisasi data pada sebuah aplikasi website maupun mobile yang dapat dipantau atau dioperasikan kapan dan dimana saja secara fleksibel oleh user.

Secara keseluruhan, ketercapaian pengembangan produk ASP2 mengacu kepada Indikator Kinerja Utama dan Indikator Kinerja Tambahan tercapai 95%. Luaran utama program berupa sebuah alat Automatic Smart Pen Plotter yang telah teruji dan terstandarisasi industri. Program ini mengintegrasikan proses pengembangan produk ASP2 ke dalam pembelajaran di Perguruan Tinggi Vokasi berbasis Teaching factory. Mata kuliah yang terintegrasi dengan program ini yaitu Praktik Alat ukur dan Pengukuran, Sistem Internet of Things, Workshop Elektronika, dan Mata Kuliah Kewirausahaan.

Kemitraan yang terbentuk dengan PT Putra Multi Cipta Teknikindo tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama dengan ruang lingkup kegiatan berupa kolaborasi penelitian, pengembangan, dan hilirisasi produk, program magang mahasiswa dan dosen di industri, serta project assignment. Upaya untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) program ini, dilakukan dalam bentuk pengembangan ke dalam pembelajaran dengan konsep teaching factory, publikasi dan paten, penawaran ke industri menengah dan industri besar dan peluang untuk produksi massal.

Produk Automatic Smart Pen Plotter sudah dilakukan pengujian kinerja alat yang meliputi : Uji Sistem Elektronika, Uji Ergonomis, Uji Getaran, Uji Durability oleh Sucofindo. Uji kinerja ini dimaksudkan untuk mengetahui aspek kinerja alat dari sisi elektroniknya  ketika sedang dioperasikan meliputi seberapa besar aspek daya listrik yang digunakan untuk mengoperasikan alat, ada tidaknya kebocoran arus yang terjadi, berapa arus listrik yang mengalir, serrta berapa tegangan yang diunakan untuk mengoperasikan alat. Dari sisi ergonomis meliputi dimensi alat yaitu panjang – lebar – tinggi alat serta tebal plat yang digunakan. Dari sisi uji getar dites agar mengetahui seberapa vibrasi yang ditimbulkan pada alat ketika sedang beroperasi semakin sedikit nilai vibrasi maka semakin bagus karena presisi alat akan semakin bagus serta berpengaruh juga ke durability alat. Pada aspek terakhir yang dites adalah durability alat yaitu pengetesan alat bekerja selama 24 jam nonstop apakah alat bekerja normal atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *